Inilah Alasan Kenapa Masker Kain Tidak Boleh Dipakai Lebih dari 4 Jam

Sejak pemerintah menghimbau masyarakat umum untuk mengenakan masker dari kain, yang jual masker kain semakin bertambah banyak. Anda bisa menemukan para penjual ini di pinggir jalan, di toko online, di marketplace, dan hampir di semua tempat.

Tidak jarang juga Anda bisa mendapatkannya secara gratis dari acara bagi-bagi masker yang diadakan oleh komunitas atau lembaga tertentu. Harganya yang murah dan mudah didapatkan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan perlindungan di bagian hidung dan mulut selama pandemi ini.

Masker Kain Tidak Boleh Dipakai Lebih Dari 4 Jam

Pemakaian masker kain harus sesuai dengan aturan agar efektif menangkal virus corona. Salah satu aturan yang juga perlu dipatuhi adalah masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 4 jam. Jadi, setelah 4 jam pemakaian, Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Kenapa masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 4 jam? Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut, yaitu :

1. Efektifitasnya berkurang

Setelah 4 jam pemakaian, efektivitas masker kain dalam menahan droplet menjadi berkurang. Berbeda dengan masker bedah yang bisa Anda pakai seharian, masker kain tidak demikian. Anda bisa menggunakan masker kain esok hari jika sudah dicuci. Mengingat yang jual masker kain sudah sangat banyak, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memiliki lebih dari satu masker kain.

2. Masker kain terbuat dari bahan yang menyerap air

Seperti yang Anda tahu, masker kain terbuat dari bahan yang menyerap air. Masker ini akan menyerap droplet yang menempel di permukaan masker. Itulah kenapa setelah 4 jam Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Itulah alasan kenapa masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 4 jam. Masker kain ini memang tidak seefektif masker medis. Karena itu, Anda perlu menggantinya setiap 4 jam sekali.

Aturan Melepas Masker

Setiap Anda mengganti masker, berarti Anda perlu melepaskan masker yang lama. Cara melepaskan masker kain pun harus mematuhi aturan yang ada, yaitu sebagai berikut :

  1. Lepaskan masker kain dengan memegang bagian talinya
  2. Sebisa mungkin jangan memegang bagian luar masker karena bagian ini adalah bagian yang infeksius
  3. Simpan masker di kantong khusus, misalnya kantong plastik. Jangan diletakkan begitu saja agar tidak menyebar ke barang lainnya.
  4. Cuci tangan menggunakan sabun setelah melepas masker.
  5. Segera cuci masker kain jika Anda sudah sampai di rumah. Anda bisa menambahkan pemutih untuk membuat masker lebih bersih.

Dari sekian banyak yang jual masker kain, pilihlah masker kain yang terbuat dari 3 layer bahan. Sesuaikan dengan ukuran wajah Anda sehingga masker ini mampu menutup bagian hidung dan mulut dengan sempurna. Beli beberapa masker sekaligus sebagai persediaan, terutama untuk Anda yang banyak melakukan kegiatan di rumah. Jangan lupa, barengi dengan protokol kesehatan lainnya agar risiko tertular virus corona semakin rendah.

Tags: